Peluang Kerja Lulusan SMK Rekayasa Perangkat Lunak

Bagi orang awam pasti bertanya-tanya apa sih RPL itu ? Ada yang mengira Jurusan yang sama dengan TKJ padahal sudah jelas-jelas RPL berbeda dengan TKJ.
RPL diajarkan mengenai program-program, software, berbagai sofware seperti Aplikasi Games, databasewebsite, dll. Yang terpenting dijurusan ini diajarkan bagaimana mengolah berbagai macam program, menganalisis dan cara membuatnya.
bahasa-pemograman

Inilah 10 Peluang Pekerjaan Lulusan RPL :

1. Konfersi PSD ke WordPress – Berperan mampu memenuhi kebutuhan klien salah satunya merubah file  Photoshop menjadi file WordPress.
2. Software Engineer – Berperan mengembangkan perangkat lunak untuk memenuhi keperluan klien. Misalnya perangkat lunak untuk pendidikan, bisnis, hiburan, games, telekomunikasi , dan lain-lain, termasuk perangkat lunak model simulasi.
3. Programmer – Membuat program sebagai perangkat lunak dari komputer untuk memudahkan fungsi – fungsi tertentu, menjadi tugas inti dari seorang programmer. Programmer yang dapat bekerja dalam segala bidang kerja ini, baik industri, pertelevisian, perbankan,  media, instansi pemerintah, bisnis dan ekonomi, dan lain sebagainya.
4. IT Consultant – Berperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi.
5. System Analyst dan System Integrator – Berperan dalam melakukan analisis terhadap sistem atau program yang berbasis teknologi dan informasi dalam suatu perusahaan atau organisasi dan membuat solusi yang integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak.
6. Database Engineer / Database Administrator – Berperan dalam perencanaan dan pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse) untuk suatu istansi atau perusahaan.
7. Web Engineer / Web Administrator – Bertugas merancang dan membangun website beserta layanan dan fasilitas berjalan diatasnya. Ia juga bertanggung jawab melakukan pemeliharaan untuk website tersebut dan mengembangkannya.
8. Computer Network / Data Communication Engineer – Bertugas untuk merancang arsitektur jaringan komputer, serta melakukan perawatan dan pengelolaan jaringan dalam suatu instansi maupun perusahaan.
9.  Game Developer – Pengembang perangkat lunak multimedia game.
10. Intelligent System Developer –   Berperan sebagai pengembang perangkat lunak yang intelejen seperti sistem pakar, image recognizer, prediction system, data miner, dll.
11.  Software Tester – Berperan khusus sebagai penguji perangkat lunak yang bertanggung jawab atas kebenaran fungsi dari sebuah perangkat lunak.